Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

APA YANG KAU TANAM, APA YANG DIPANEN

Bulan Agustus 2020 saya membeli online dua bibit jeruk Nagami, harganya 150 ribu. Saya tanam di pot, masih pohon kecil. Saya letakkan di depan rumah. Rutin disirami, daun yang kotor saya bersihkan. Sudah setahun lebih tidak berbuah, saya pikir gagal karena di foto promosinya rimbun banyak buahnya. Dibuang sayang, ya wis biar tumbuh entah panen sampai kapan.

Sudah 2 bulan ini, atau 2 tahun sejak saya beli pohon ini berbuah banyak sekali. Hampir tiap hari saya memetiknya, walau belum kuning rasanya sudah manis dimakan langsung dengan kulitnya. Sesuatu yang saya tanam 2 tahun lalu, sekarang saatnya memanen. Kalau dua tahun lalu saya tidak menaman dipot, tentu saya tidak dapat gratis jeruk tiap hari, harus membeli di toko buah. 



Begitu juga dengan bisnis, kalau lihat ada kawan yang sekarang berhasil dengan usahanya, jangan nyinyir, jangan iri, gak usah dengki, karena engkau tidak tau bagaimana dia susah payah menanamnya sejak beberapa tahun lalu. Kalau dia panen sekarang ya wajar.. lebih baik engkau juga mulai menanam sekarang.

Begitu juga dengan keburukan. Kalau sekarang bersliweran di berita, percayalah kalau pelakunya sedang memanen buah keburukan yang sejak dulu dia tanam. Gak langsung hancur, namun benihnya sudah lama dia mainkan. 

Begitulah hukum di dunia. Ada jelas kok ayatnya:

 “In aαΈ₯santum aαΈ₯santum li`anfusikum, wa in asa`tum fa lahā.” Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat, maka (kejahatan) itu bagi dirimu sendiri. (QS Al-Isra' : 7) 

Ini juga
“Barangsiapa mengerjakan kebajikan, maka itu untuk dirinya sendiri, barangsiapa mengerjakan kejahatan, maka itu akan menimpa dirinya sendiri, kemudian pada Tuhanmu kamu dikembalikan” (QS Al Jasiyah:15)

Ini lagi
“Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu)” (Asy Syura: 30) 

JADI⁉️
Mau mulai menanam apa dalam hidupmu hari ini?

_______________________________ 

Buku-buku inspiratif karya Saptuari bisa didapatkan di @jogist_store 081804100900  

Atau langsung klik menu di kiri atas blog ini πŸ‘† 





Posting Komentar untuk "APA YANG KAU TANAM, APA YANG DIPANEN"