Friday, August 31, 2018

NGEMPLANG PEMBELI, REJEKINYA LARI, BERKAHNYA GAK NEMPEL DI HATI...

Sudah sering kita baca kasus kayak gini nih, pas musim liburan, banyak pengusaha makanan yang naikin harga semena-mena demi mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya.. 
Prinsipnya sederhana... Aji Mumpung!
Mumpung lagi liburan!
Mumpung konsumennya dari luar kota!
Mumpung orang rebutan makanan!
Harga langsung dimainkan, bahkan hingga dua kali lipat, pokoknya sikattt!!

Dan ini yang terjadi,
Seorang ibu menulis di surat pembaca, makan pecel di alun-alun satu kota hanya berlima kena kemplang 150 ribu lebih, dia membayarnya tapi hatinya tidak ikhlas.. Tidak ada keridhoan di transaksi itu.

Yang lainnya makan di lesehan bertiga, kena kemplang 200 ribu juga ada. 
Saya pun pernah kena, makan berenam beberapa tahun lalu waktu dolar belum menggila, di kaki lima masakan kambing gak tanggung-tanggung notanya 365 ribu, sudah bayar, dijalan baru sadar? Lho.. Masak balungan aja sama es teh berenam satu orangnya 60 ribu? Normalnya balungan 25-30 ribu aja dah dapat.. 




Traksaksi terjadi namun mengecewakan pembeli, mereka pergi bukan dengan puas hati, tapi malah menggerundel kecewa, energi negatif yang dibawa. Dan energi itu yang akan dibawa kemana-mana dalam bentuk cerita buruk "pokoknya jangan makan disana!!"
Naaaah... Siapa yang bakal rugi coba?

Kalau alasan hukum ekonomi, banyaknya permintaan maka harga boleh dinaikkan, lebih baik pakai hukum hati nurani..
Betul memang kalau liburan harus lembur, karyawan harus dikasih bonus, kadangkala harga bahan baku juga naik.. 
Cobalah berhitung, ternyata dengan menaikkan 30% harga pun sudah untung, kenapa harus ngemplang pembeli dengan harga seenaknya demi keuntungan sesaat saja? 
Duitnya dapat..
Berkahnya tidak.. 
Akadnya cacat, dzalim, sehingga rejekinya jadi gak diberkahi Allah..

Buat apa panen rejeki dengan ngemplang pembeli, hingga mereka tidak ridho ketika membayar? Allah bakal ambil lagi duit itu dengan cara yang tidak terduga juga..
Duitnya ilang tiba-tiba, keluarga ada yang sakit, kecelakaan, kemalingan, ditipu orang, dan banyak cara Allah ngambil harta itu karena cara mendapatkannya juga dengan mendzolimi orang lain.. 

Padahal Quran dan Hadist jelas banget ngasih panduannya nih,

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama suka di antara kamu.” (QS. An-Nisa’ 29).

“Tidak halal harta orang Muslim, kecuali atas dasar kerelaan jiwa darinya.” (HR. Ahmad, dan lainnya)

Mmmm... Gitu ya!
Eh, kalau ada pelukis, menjual lukisannya harga 1 milyarrrr! Padahal modal kanvas, cat minyak, bingkai, paling cuman 2 juta cukup.. Gimana tuh mas?

Tergantung akadnya, kalau pembelinya setuju tanpa paksaan, dia begitu suka lukisan itu, hatinya ridho dan ikhlas membelinya maka sah saja.. Salaman.. Bungkus! 
Beda dengan pecel yang dikemplang paksa dadakan 150 ribu..

Jujur itu pengukur hati.. 
Banyak yang berani jujur karena yakin Allah selalu mengawasi, itu level tertinggi.. 
Maka gak tanggung-tanggung balasannya nanti, seperti pesan Nabi:
“Pedagang yang jujur dan terpercaya akan dibangkitkan bersama para Nabi, orang-orang shiddiq dan para syuhada” 
(HR. Tirmidzi no.1209)

Selamat jalan-jalan setiap hari, selamat berburu berkahnya rejeki.. 

Salam,
@Saptuari

1 comment:

Yose Suparto said...

Segera bergabung di HASHTAG OPTION, Platform Trading FOREX berbasis di Indonesia.
PILIHAN TRADER #1
- Tanpa Komisi dan Bebas Biaya Admin.
- Trading di peralatan apa pun
- Sistem penarikan yang mudah dan dipercaya
- Transaksi Deposit dan Withdrawal TERCEPAT


Jika anda bingung mencari broker yang aman dan tercepat, anda bisa bergabung bersama kami.
Yukk!!! Segera bergabung di Hashtag Option trading lebih mudah dan rasakan pengalaman trading yang light.
Nikmati payout hingga 80% dan Bonus Depo pertama 10%** T&C Applied dengan minimal depo 50.000,- bebas biaya admin
Proses deposit via transfer bank lokal yang cepat dan withdrawal dengan metode yang sama
Anda juga dapat bonus Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover......

Kunjungi website kami di www.hashtagoption.com Rasakan pengalaman trading yang luar biasa!!!