Kamis, 09 Juni 2011

Putri Herlina...Sepasang Tangan Bidadari

Sepasang tangan tumbuh di hati....
Jogjakarta, 1988

Aku masih kelas 2 SD, tinggal di sebuah desa yang tenang di satu sudut Jogja. setiap hari berangkat sekolah, sesudahnya aku habiskan dengan bermain bola di belakang rumah, berlarian di tengah sawah, main layangan hingga Magrib datang...
ketendang bola sekeras mungkin, kutangkap dengan tanganku, kulempar lagi hingga jauh sekali... layangan kutarik ulur hingga terbang dibawa angin, tembus ke awan, meliuk-liuk, setiap hentakannya memberi sensasi di ujung jari-jariku...
semua tak lebih dari keriangan anak kecil menikmati dunianya, tanpa pernah berfikir bahwa aku lahir sempurna...
Sudut Jogjakarta, di tahun yang sama...
sepasang manusia yang tidak menginginkan anaknya, membuang begitu saja bayi kecil yang baru melihat dunia. Bayi itu tidak memiliki tangan, mereka malu... mereka tidak mau menanggung beban. Aib ini harus dihilangkan, aib ini harus dilenyapkan...
.................................


23 tahun kemudian, masih di Jogjakarta Juni 2011.
Hari ini aku baru saja mampir ke Kedai Digitalku di cabang Babarsari, wilayah di timur Kota Jogja, menuju ke utara entah mengapa perasaan menuntunku membelokkan setir ke barat. semua serba dadakan tanpa rencana.
"kita ke Panti Asuhan Sayap Ibu dulu yaa" kataku
istriku yang pernah kuajak kesana langsung mengangguk.
Panti Asuhan ini hanya fokus menampung bayi-bayi terlantar yang dibuang orang tuanya, anak-anak malang yang tidak diharapkan kehadirannya ke dunia. Mereka tinggalkan begitu saja, benih suci ciptaan Illahi yang terhempas di jalanan...
Beberapa bulan lalu saya pernah ke Panti ini, ada 25 bayi mungil yang tidur dalam kasur yang dikelilingi besi. Bayi-bayi yang tidak tau siapa ayah ibunya, ada yang tertidur ada yang berguling-guling menikmati botol susunya. siapapun yang masih punya hati nurani bakal miris sekali...
ayah ibu mereka entah siapa...
pemuja kenikmatan dunia...
mau enak tapi gak mau anak...

"silahkan Mas, Mbak.. monggo apa yang bisa kami bantu?" sambut ibu pengelola panti, sekilas aku melihat ada orang yang lewat dibalik lemari pembatas. Kami ngobrol sebentar dengan ibu pengelola panti, sampai akhirnya aku melihat siapa yang ada dibalik lemari itu...
"ini mas, mbak kenalkan namanya Lina... dia paling pintar disini, sekolahnya juga pintar, sudah lulus SMA, bisa komputer, bisa pakai jilbab sendiri, mbak Lina nih yang bantu kami mengelola yayasan ini" lanjut ibu Panti.
Aku dan istriku memandang Lina, mungkin tadi bukan prestasi yang luar biasa sampai kami kemudian melihat sosoknya... gadis cantik, manis, berkulit putih, berambut panjang, dengan senyum yang mengembang... dan dia tidak punya tangan...
kami bengong, takjub dengan sosok di depan kami, anak ini luar biasa.. dengan senyum dan tatapannya orang tidak akan menemukan kekurangan di dirinya.


aku minta ijin ke ibu panti untuk melihat bayi-bayi itu di dalam, sengaja aku mengajak Lina untuk mengantar kami, ada sesuatu di anak itu yang aku ingin tau.....................
Bayi-bayi itu sedang tidur siang, ada beberapa yang terbangun terdiam menatap langit-langit kamar, mencari-cari sentuhan ibu yang datang semu..
"aku dulu seperti mereka mas, mereka semua sempurna, aku cacat sejak lahir dan tinggal di panti ini, sekarang ada 30 bayi cacat yang dikumpulkan di Panti di Kadirojo Kalasan sana, semua nasibnya sama dengan aku sejak kecil tidak tau siapa orang tua kami" Lina mulai bercerita.
"kamu sekolah dimana dulu?" tanyaku.
"aku sekolah di sekolah biasa mas, aku gak mau dikasihani, SMPku di sekolah Muhammadiyah biasa, SMAku juga, aku tidak minta meja khusus... kutulis semua dengan kakiku, bisa kok!" Lina bercerita dengan senyum cerahnya...
anak ini istimewa pikirku, semangatnya luar biasa! harusnya dia sudah ada di Kick Andy untuk berbagi semangat pada semua!

aku ingat cerita ibu panti, bayi-bayi cacat ini lahir karena gagal di aborsi, bapak ibunya tidak mengharapkan kehadirannya, segala macam cara dilakukan, namun ketika Tuhan Sang Pemilik Hidup berkata lain, tetap lahir mereka walau dalam kondisi cacat akibat ulah orangtuanya sendiri...
Aku ingat, Rizki bayi yang tidak punya lobang dubur 6 bulan lalu masih disini, dibuatkan lobang diperutnya, aku pernah memegang tangannya ketika dia merangkak-rangkak ingin keluar dari box yang menghalanginya.
"siapa lagi mas yang mau merawat mereka? kami disini bertekad menjaga mereka, ini Amanah Allah mas, mereka tetap manusia walau cacat diseluruh tubuhnya..." kata ibu Panti
"kamu tiap hari disini Lin?" tanyaku lagi
"iya mas, aku bantu ibu-ibu pengelola yayasan ini. Aku bisa lakukan semuanya kok, ngetik, internet, pakai HP aku bisa semua pakai kakiku.. Tuhan itu Maha Adil mas, di setiap kekurangan yang dimiliki manusia, pasti ada kelebihannya..." senyumnya mengembang
anak ini luar biasa... malu aku jika kalah dengan semangatnya!

Ibu panti pernah berkata "jatah biaya makan dari pemerintah hanya 2500 rupiah per anak per hari, bayangkan mas dengan makanan burung saja mahal makanan burung.."
miriiis sekali kita mendengarnya, sementara aku pun sama seperti kalian muak dengan berita-berita uang negara di korupsi dimana-mana, bayi bayi ini jatahnya hanya 2500!!
"Kamu dah punya pacar belum Lin" Tanyaku, Lina hanya tertawa..
Aku pernah ngemci lho mas di Amplaz (Ambarukmo Plaza Jogja), acara buat anak-anak penyandang cacat. cuek aja aku maju di panggung, pokoknya aku tidak mau dibedakan dengan yang lain..." katanya berbinar-binar

Putri Herlina, di sekolah dia dipanggil Putri, di panti dia dipanggil Lina, gadis cantik ini tumbuh di dalam panti dengan semua keterbatasannya, sekarang menjadi gadis yang cerdas, dan mendedikasikan waktunya untuk mengurus bayi-bayi yang senasib dengannya...
aku tiba-tiba melihat dia begitu sempurna...
seperti ada tangan yang tumbuh keluar dari hatinya...
tangan yang indah yang bisa memeluk bayi-bayi malang di dalam sana...
seperti sayap yang dimiliki ibu yang mengasihi anak-anaknya
maluuuu aku jika melihat semangatnya! tanganku kalah tangkas dengan semangat yang keluar dari tubuh tidak bertangan itu...
"Besok aku buatin Mug buat kamu ya Lin, aku anter ke sini deh!" Janjiku
istriku menyelipkan kartunamaku ke kantung celana samping Lina, dia tersenyum... "makasih ya mbak" ucapnya
........................................
Di dalam mobil istriku berurai airmata, haru sekaligus bersyukur dengan apapun yang kami alami hari ini. seperti biasa aku melihat langit, seperti ada sepasang mata besar di balik awan yang membuat teduh hati kami... wahai sang Pemberi Hidup...

Jogja beranjak sore, anak-anak kecil bermain bola di sisi selokan Mataram, berlarian dengan kencang, tangan mereka melambai saling menggapai...
seperti aku 23 tahun lalu...
mobilku menderu menuju Kalasan....

*diketik di Kamarku, dibaca dimana sadja
9 Juni 2011




Kawan-kawan:

saat ini ada 18 bayi normal, dan 30 bayi cacat di Panti Asuhan Sayap Ibu, mereka berjuang hidup hanya dengan bantuan pemerintah yang tidak seberapa (2500/hari/anak) dan dari donatur! saat ini hanya ada 2 donatur tetap di sini, selebihnya adalah donatur tidak tetap yang datang silih berganti, tidak bisa dijagakan setiap hari.

mari kita bantu, Bismillah... Surga untukmu!
BCA 4564921400 a/n Saptuari Sugiharto 
Demi Allah saya sendiri yang akan menyampaikan ke mereka..

Tubuh mungil itu seperti ALLAH hadirkan untuk "mancing" kita...
seberapa pantaskah sih kita masuk surga, jika kita masih nyaman makan di McD, KFC, Pizzahut, Hoka Bento, Starbuck, habis ratusan ribu sekali kecap! sementara kita hanya berdiam diri melihat tubuh-tubuh mungil itu dapat jatah makan dari pemerintah tidak lebih dari makanan burung...


====================================
FOTO-FOTO Putri Herlina dan Adik-Adik cacat di Panti Sayap Ibu Jogja


Putri dengan Selly (Bayi yang ditinggal begitu saja di rumah sakit) cacat dalam, sehingga tidak bisa menelan. minum susu harus lewat hidung. Kakinya kaku dan hanya berbaring di tempat tidur. Lihat Putri yang membelai selly dengan 'tangan' bidadarinya... mata kita tidak bisa secara fisik melihatnya.. :-)


Indah, umur 6 tahun buta sejak lahir. Tidak punya bola mata. setiap hari hanya bisa berjalan dengan dituntun di sekitar panti. di Sayap Ibu kalasan lebih dari 30 anak-anak korban Aborsi Gagal... Cacat... dibuang dan ditinggalkan.. sampai tua mereka disana. Siapa yang mau mengurusnya? ada yang tega membuang mereka begitu saja di pinggir jalan? biarkan hilang, terluka dan tersiksa dihempaskan kelaparan..


















DOUBLE MENDERITA...
Mereka Anak-Anak Manusia.. sudah tidak punya orang tua, dibuang sejak lahirnya, ditambah cacat mental dan raganya...
Panti Asuhan yang mengurus mereka bebannya 2-3 kali lipat dari Panti Asuhan biasa yang anak-anaknya yatim tapi normal semua.
tinggal kita mau tidak, meringankan beban itu... toh rejeki kita juga cuma Titipan Tuhan, justru kita bangga jika bisa jadi air pancuran Rejeki dari Tuhan...






Sahabat-sahabat semua...
sejak artikel ini Saya tulis Juni lalu ratusan respon masuk via twitter, SMS, email maupun di blog ini. Allah Yang Maha Kaya menuntun banyak orang mau berbagi. Dari lubuk hati terdalam, saya mengucapkan terimakasih kepada rekan-rekan semua atas KEPERCAYAAN YANG LUAR BIASA menitipkan sedekahnya melalui saya... seseorang yang kalian kenal hanya di dunia maya, sebagian besar bahkan belum pernah bertatap muka. Hanya Allah yang Berkuasa Membalikkan hati yang membuat semua ini terjadi.


berikut adalah foto-foto bukti Sedekah kawan-kawan yang saya sampaikan langsung ke Panti Asuhan Sayap Ibu dan ke beberapa pihak yang membutuhkan:


ROMBONGAN 1
Jumlah Bantuan : Rp. 16.500.000 (Enam Belas Juta Lima Ratus Ribu Rupiah)
Tanggal Penyerahan: 13 Juni 2011
Penerima: Ibu Astiwi (Pimpinan Yayasan Sayap Ibu Jogja)


    Bareng Putri Herlina yang setiap hari bekerja di sana sebagai staff administrasi.



ROMBONGAN 2
Jumlah Bantuan : Rp. 2.300.000 (Dua Juta Tiga Ratus Ribu Rupiah)
Tanggal Penyerahan: 8 Juli 2011
Penerima: Ibu Lastri (pimpinan Panti sayap Ibu 1 / tempat tinggal anak-anak panti)


    penyerahan oleh istriku @sitaresmi_dewi ... aku yang ambil fotonya! :-)


ROMBONGAN 4
Jumlah Bantuan : Rp. 5.800.000 (Lima Juta Delapan Ratus Ribu Rupiah)
Tanggal Penyerahan: 6 September 2011
Penerima: Putri Herlina, Mewakili pengurus Yayasan Sayap Ibu



TOTAL SEDEKAH YANG SUDAH DISALURKAN DALAM 3 ROMBONGAN:
Rp. 24.600.000.000 (Duapuluh Empat Juta Enam Ratus Ribu Rupiah)
Kalian semua LUARR BIASAA!! Balesannya langsung dari LANGIT yaaa...
saat ini bantuan terus berjalan, banyak yang akan rutin menyumbang bulanan. Saya juga sedang mencari panti lain yang dihuni bayi-bayi terlantar di Jogja.
Semoga Allah meridhoi langkah kita bersama... Amin!
Salam hangat,
-Saptuari-
===================================
ROMBONGAN 4
Jumlah Bantuan : Rp. 5.000.000 (Lima Juta Rupiah)
Tanggal Penyerahan: 15 September 2011
Penerima: Ibu Anik & Ibu Asih pengelola Panti Asuhan Gotong Royong khusus untuk bayi-bayi terlantar, di Tegal Krapyak Ringroad Selatan Jogja.


Bayi-bayi ini cuma dibuang begitu sadja..sekarang 30 orang bayi-bayi dikumpulkan di panti Gotong Royong Bantul.
Jatah uang bantuan dari pemerintah hanya Rp. 50.000 setahun/anak...luar biasa banyaknya!!??
Mereka akan membangun lokasi panti baru dengan bantuan donatur, biar tidak perlu mengontrak lagi..
Yang baju merah cantik itu namanya Akhyun, dibuang di bawah jembatan. Yang Kugendong namanya Raka dari kebumen, orang tuanya entah dimana.








Saat ini Panti Gotong Royong tinggal di sebuah rumah kontrakan, mereka sedang akan membangun sebuah panti permanen di Jalan Bantul, uang dari donatur.. agar anak-anak terbuang ini punya kamar dan tempat tinggal yang layak..
bantuan kawan-kawan pembaca blog ini akan menjadi urunan yang abadi.

======================================
ROMBONGAN 5
Jumlah Bantuan : Rp. 3.000.000 (Tiga Juta Rupiah)
Tanggal Penyerahan: 16 September 2011
Penerima: Ibu Titik Yudawati, pengelola Panti Asuhan Putri Qoirunnisa, Kuton Tegaltirto Jogja



Panti Asuhan putri ini punya 30 anak yang masih sekolah di SD-SMP, mereka tidak punya orang tua, atau orang tuanya tidak bisa membiayai sekolah. Uang 3 juta dari pembaca blog ini sudah kusampaikan untuk biaya sekolah mereka.


Jumlah Bantuan : Rp. 1.000.000 (Satu Juta Rupiah)
Tanggal Penyerahan: 16 September 2011
Penerima: Dwi Lestari, anak tukang becak yang sering jadi juara kelas di SMK Depok Sleman Jogja, ibunya pedagang kecil di pasar. uang itu cukup untuk biaya sekolahnya hingga lulus tahun depan.


TOTAL SEDEKAH DARI PEMBACA BLOG INI YANG SUDAH DISALURKAN DALAM 5 ROMBONGAN:
Rp. 33.600.000.000 (Tiga Puluh Tiga Juta Enam Ratus Ribu Rupiah)
Kawan-kawan besok titipanmu lainnya akan kusampaikan!
Salam Hangat
-Saptuari-
=======================================

ROMBONGAN 6
Jumlah Bantuan : Rp. 3.300.000 (Tiga Juta Tiga Ratus Ribu Rupiah)



Bantuan untuk Mas Trubus, rekomendasi dari AA Kunto kawan di twitter. MAs Trubus patah tulang belakang ketika memotong dahan pohon di halaman Masjid
Bantuan Rp. 1.000.000











Bantuan untuk Mbah Suraji, Kena Stroke, tangannya mencengkram terus tidak bisa dibuka, dulu buruh bangunan, sekarang tidak bisa bekerja lagi.
Bantuan Rp. 500.000

Bantuan untuk Mbah Darso, Suaminya jualan Tangga Bambu keliling, hari ini jualan satupun gak ada yang laku. Mbah Darso putri hanya bisa di tempat tidur saja karena sudah sepuh.
Bantuan Rp. 500.000 


Bantuan Lainnya:
1. Mbak Sisum, Sehari-hari pekerjaannya bertani, sudah 3 hari sakit, suaminya buruh bangunan. Bantuan 300.0000
2. Biaya sekolah Asih dan Yona, Sejak SD jadi anak Yatim, ibunya tidak bekerja, Bantuan 1 Juta untuk biaya sekolah.
Terimakasih Kawan-Kawan Semua! Kalian sudah meringankan beban mereka semua! Besok aku bergerak lagi!
Yang di Langit LANGSUNG yang membalas rejeki kalian!
TOTAL SEDEKAH DARI PEMBACA BLOG INI YANG SUDAH DISALURKAN DALAM 6 GELOMBANG:
Rp. 36.900.000.000 (Tiga Puluh Enam Juta Sembilan Ratus Ribu Rupiah)

==========================
Kawan-Kawan Semua! Kalian semua luar biasaaaaa.. yang transfer tiap hari selalu ada di Rekening Khusus yang saya siapkan! saya bertekad menjadikan Blog ini menjadi bagian action kita BERGERAK BERSAMA-SAMA!! menjadi MANFAAT untuk orang banyak! 
aksi ini akan saya update terus di Page khusus blog ini (dibagian atas), dan saya sampaikan dengan hastag #SedekahRombongan di twitter. Saya akan terjun langsung dalam setiap penyampaian amanah kawan-kawan, foto-foto saya sertakan. Kita akan tanggungjawabkan kebaikan ini bersama-sama di hadapan langit..!! Allah Yang Maha Kaya bersama kita semua...!


Follow Twitter saya @saptuari untuk semua masukan, saran, dan bantuan dalam action  #SedekahRombongan ini...


Matur Suwuun!



88 komentar:

warungdigital mengatakan...

haru banget mas...thanks pencerahannya..

marjunul mengatakan...

Ternyata aku masih bisa nangis..

Faizal mengatakan...

Subhanallah..

Awaludin Zakaria mengatakan...

Luar biasa semangatnya..gak kerasa netes air mata ini.

nuza mengatakan...

hebat!
ijin untuk berbagi dengan yang lain...
mau di share... :)

back to right way.. mengatakan...

subhanallah,, luar biasa,, segera untuk melaksanakan kebajikan itu mas,, :)

Anonim mengatakan...

Luar biasa..sangat mengispirasi Mas Saptu..
semoga ALLAH SWT membalas semua kebaikan dg sebaik2 balasan bua...

sangterasing mengatakan...

Terharu...
semoga berkah dan rahmat slalu tercurah kepada para generasi penerus itu..

Adi Nugroho mengatakan...

mas, enek rekening selain BCA?

ybagio mengatakan...

masyaalloh... mudah2an keberkahan dan kebaikan menyelimuti orang2 memperjuangkan hidup hamba2 Alloh. Alloh bisa saja mengirimkan mahluknya yang lain untuk memberi rejekinya... inilah kesempatan yang Alloh berikan untuk kita... syukur alhamdulillah jika kita bisa ditunjuk Alloh menjadi jalan rejeki bagi mahluknya.... bisa jadi orang lain bukan kita....

Anonim mengatakan...

Subhanallah, bnr" mengharukan mas,,

Abdun Naafi' mengatakan...

Ternyata...air mataku mengalir.
Ya Allah, Masukkanlah mereka ke dalam surgaMu, Amin.

ROROkenconoSARI mengatakan...

maca karo mewek mbrebes mili T_T

kareef mengatakan...

mas, ijin share lewat blog ku yaaaa...
walopun sepi pembaca, semoga menjadi jalur dari Allah bagi yang lainnya untuk ikut berbagi. aamiin

anna mengatakan...

mas Saptuari sungguh sebaik-baik manusia. Sebaik-baik manusia adalah yg bermamfaat bagi orang lain. SEmoga langkah mas selalu diridhoi ALlah swt dan selalu berada dlm lindungannya, tentu saja ada balasan yg indah didunia dan akhirat untuk mas dan keluarga, amin YRA
Oh iy saya kenal blog mas krn baru saja lihat diacara kick & Andy Metrotv

anna mengatakan...

oh ya mas blognya saya share di FB saya ya, semoga berkenan ya..terima kasih

Nawafi Azaria mengatakan...

Jujur mas aq gx berani bk blok mu d t4 org rm, sangat2 mengharukn mmbuat q meneteskn air mata. semangat trs mas, smg Allah mmbls smua amal kbaikan org2 yg baik ht.

abdi tunggal mengatakan...

Mas izin berbagi yah

Anonim mengatakan...

subhanallah......luar biasa.....ijin share ya mas......

Anonim mengatakan...

tetap semangat dalam kebaikan ya mas,terima kasih sudah mau menyalurkan kepada saudara2 kita di sana.
terima kasih mas Saptu...

Nubie Investor mengatakan...

kalo rekening mandirinya ada mas yg khusus untuk sumbangan ke panti2 asuhan ini,,insyaALLAH mau ikutan mas,,makasih sebelumnya

greycoo/STOP Mengeluh mengatakan...

Assalamualaikum Mas Saptuari Sugiharto
Saya benar-benar merasakan sebuah keajaiban mas malam ini yang tidak sengaja menemukan Blog pny Mas seperti menemukan seorang Guru yang membawa pencerahan baru buat saya,saya menemukan Blog PNY mas lewat ketikan tulisan saya di google SEORANG IBU YANG TIDAK MEMPUNYAI TANGN..Dgn maksut mencari Artikel tentang sodara-sodara kita yg di anugrahi cacat fisik dgn mksut untuk saya jadikan inspirasi wisata hati di halaman page Saya mas untuk berbgi semangat saling kuat mengkuatkan dg sesama dalam menjalani kehidupan ini. ternyata mlh menemukan blog punya mas..saya benar benar terharu membacanya,dan sangat termotifasi dan Salut dg perjuangan mas..SMG MAS SELALU MNDPT PAHALA YANG TIADA PUTUSNYA DAN KEBAIKAN,BERKAH SUKSES DUNIA AKHERAT.SAYA SANGAT PINGIN BISA BERGUNA SPRT MAS..

Wike Donicwijaya siipingponk mengatakan...

subhanallah...
sungguh luar biasa!!

Anonim mengatakan...

Mas panti sayap ibu ini ada didaerah jogja sebelah mana ya? Sama panti asuhan di Kadirojo yang dimaksud di tulisan itu ada didaerah kalasan? Dimananya? Boleh minta alamat dua2nya? Tolong balas ke need_for_bitch@yahoo.com ya mas.

Anonim mengatakan...

saya baca kisah ini di jawapos beberapa kemaren, saya search di google la ternyata ada org yg gk asing buat saya, tahun 2008 atau 2009 mas saptuari dan mas hendi (babarafy) pernah ngisi media klub pustaka di kantor saya (PT PLN-PJB UP Paiton) masih ingat endak ya, hehe, tunggu partisipasi saya mas

Regard
M.Badrul

Anonim mengatakan...

smoga smakin mlimpah rezki bagi orang2 yg brsdekah, amiin....
by guevara.k
17 maret 12

altanovela mengatakan...

Semoga suatu saat bisa ketemu langsung sama Putri Herlina.

ALLAH SWT maha tau yang terbaik untuk hambanya,.
*ga terasa netes juga air mata ini.

terima kasih dan tetep semangat mas saptuari.

Yusenda Dion mengatakan...

mas saya share ya artikelnya sekalian link e blog ini untuk info bantuan yang bisa dilakukan. Orang orang yang luar biasa mas...saya baca sampe mbrebess

Anonim mengatakan...

mas aku boleh ikutan membantu menemani adek2 disana buat belajar???
kalo boleh aku minta alamatnya boleh mas?

berita mengatakan...

semoga cepat sembuh yah ..................
salam dari yogya

SANTOsiro mengatakan...

mengingatkan kita untuk banyak brsyukur atas semua nikmat dari Tuhan.

indiraabidin mengatakan...

Mas, saya ingin sekali buka cabang Yayasan sejenis di rumah saya, bagaimana caranya, ya? Kalau ada rejeki rumah bisa diperluas untuk menampung lebih banyak. Saat ini, rasany cukup untuk 5 bayi. Mohon infonya ya. Terima kasih.

@must_toha mengatakan...

huaaa...ternyata aku masih bisa nangis..sangat menginspirasi,terimakasih utk bantuan pencerahannya

Eny Rahayu mengatakan...

malu banget sama diri sendiri :(. Makasih mas buat pencerahnnya. adik adik cepat sembuuuh yaaah, kaliaan hebat, kalian harus masuk surgaaa :)

Rinaldi Nugroho mengatakan...

Kereen bang Subhanallah...
ditunggu info lainnya ya bang...

Dessy Din Ganita mengatakan...

Subhanallah. Berhasil bikin nangis :(

Putri Zahknas mengatakan...

Subhanallaah smg kita smua dibawa naunganNya dan diberi kelimpahan rezeki untuk saling membantu satusm lain

Anonim mengatakan...

Masya Allah....terharu sedih...

Slamet Budi Waluyo mengatakan...

Subhanallah.. Langsung nangis..

Blueism mengatakan...

Salut dengan keiklhlasannya mas...semoga mendapat berkah berlipat ganda... GBU

Galas machfudin mengatakan...

Subhanallah,, mengharukan sekali :')

Azim Firdaus mengatakan...

Subhanallah..

baqiberbagi mengatakan...

Bener2 pernikahan yang mengharukan__ Selamat Menempuh Hidup Baru buat "Putri Herlina & Reza Hilyard Somatri"
https://www.youtube.com/watch?v=FqfnDEbTwTw

Unknown mengatakan...

Kalian para manusia berhati MULIA krn membantu sesama yang kurang beruntung & membutuhkan. Ikut share ke yang lain blog ini ya..

eko wijie mengatakan...

makasih mas,,
tulisan di blok ini sangat bermanfaat,,
mengingatkan saya dan kita semua untuk lebih peka terhadap sesama,,,

Tina Sagala mengatakan...

semoga makin banyak orang yang punya hati sehingga nasib saudara2 kita yg terlantar bisa berubah.

Anonim mengatakan...

Benar-benar pencerahan yang luar biasa...ijin share ya mas...

Anonim mengatakan...

Selamat malam Mas,
Awalnya saya denger kisah putri herlina di radio, trus saya googling sampe nemu blog ini, Subhanallah...begitu mulia hati Mas dan orang2 yg dgn tulus ikut membantu...Astagfirullah dan malu dgn diri sendiri yg begitu seringnya mengeluh atas segala kesusahan yg sebenarnya tiada arti dibanding bayi2 ini, sungguh pencerahan yg luar biasa di malam iedul kurban ini, izin utk share yah Mas, tks

Amalia Aisya mengatakan...

^^

Amalia Aisya mengatakan...

^^

awhnymous mengatakan...

subhanallah,,,

Andika putra wijaya mengatakan...

Truuusss semangat yo mas mungkin saat ini ndak bisa mbatu secara materi cma bisa mbantu melalui doa
Insyallah makin di mudah kan jlan nya yo mas

Zulfikar Amar mengatakan...

saat menulis koment ini air mataku masih mengucur. Aku kagum, dan merasa ....minder tidak bisa berbuat sebaik Mas. Ayo kita dukung dengan sekuat tenaga..!!!!

Zakirman Tanjung mengatakan...

ALHAMDULILLAH.... Meskipun juga cacat sejak lahir (walau tak separah Putri), dan dengan penyakit yang tak kunjung sembuh sejak belasan tahun silam, aku bersyukur menjadi manusia -- mudah-mudahan selalu rahmatan lil'alamiin

Zakirman Tanjung mengatakan...

ALHAMDULILLAH.... Meskipun juga cacat sejak lahir (walau tak separah Putri), dan dengan penyakit yang tak kunjung sembuh sejak belasan tahun silam, aku bersyukur menjadi manusia -- mudah-mudahan selalu rahmatan lil'alamiin

Zakirman Tanjung mengatakan...

ALHAMDULILLAH... walaupun juga cacat sejak lahir dan menderita penyakit sejak belasan tahun silam, aku merasa kalah dibanding Putri dan malu

Novie Rahmawati mengatakan...

terharu.. subhanallah sekali

Maisyah mengatakan...

mas ada rekening BNI??

Maisyah mengatakan...

mas ada rek BNI?

chlizaceh mengatakan...

terharu :'(

Media Hamil mengatakan...

Semoga Allah swt membalas kebaikan mereka dengan pahala yang berlipat. Amin ...

Anonim mengatakan...

Air mataku tak berhenti bercucuran.

Anonim mengatakan...

merinding mas bacanya...
semoga Tuhan memberkati mbak Lina, adik2 yang ada di sayap ibu, pengasuh2nya juga dan semua yang sedang menderia sakit..
serta semua yang sudah menyisihkan bantuannya..serta mas Saptuari dengan segala kegigihannya..
SEMOGA TUHAN MEMBALAS dan memberi BERKAH luar biasa...Amin...

Soleh Lutiana mengatakan...

Ya Allah ternyata aku bisa nangis

juhana arip mengatakan...

Subhanallah mas Saptu, aku blom bisa bantu materi, hanya do'a yang bisa aku kirim.

juhana arip mengatakan...

Subhanallah mas Saptu, aku blom bisa bantu materi, hanya do'a yang bisa aku kirim.

Alea & Rendra The Super Fantastic mengatakan...

Allah luar biasa

Alea & Rendra The Super Fantastic mengatakan...

Allah luar biasa

nila sari mengatakan...

ya Allah, menangis dan deras airmata ini keluar membaca dan melihat foto2 bayi2 itu. subhanallah, semoga mereka semua dimasukkan Allah di dlm surga nya Allah dan dijadikan manusia2 yang mulia. aamiin. mas ak mau sumbang sedekah ya mohon disampaikan.
ingin rasanya memeluk bayi2 itu dan membelai mereka dgn lembut dan penuh kasih. semoga Allah swt melindungi mereka semua. aamiin.

Ria Hikma mengatakan...

Subhanallah... heabaaattt sekaliiii, luar biasa, membuat saya meneteskan air mata..

Ria Hikma mengatakan...

Subhanallah, luar biasa sekali..

Maz Brams mengatakan...

jazaakaumullahu khair.. wabarokalloohu fiikum.. :)

Anonim mengatakan...

Mas, klo pengen nunut tranfer bs ke rek bank mandiri?... Klo bs nyuwun no rek mandiri..

Herawati Suddin mengatakan...

gak sanggup bacanya... terharu... gak sanggup menahan tangis ini... semoga Allah menjadikan mas dan istri sebagai penghuni surgaNYA... aamiin...

Anonim mengatakan...

gak kuat aku mocone mas ... mugo2 opo seng sampean lakoni, nular nang konco2 kabeh Aminnn....

Bonaparta Manullang mengatakan...

Luar Biasa!!!! Ada kasih antar sesama manusia, di bumi yang kotor ini...
Kiranya langkah bapak bisa dilanjutkan oleh banyak orang, dan mengispirasikan kita semua...

aderay saputra mengatakan...


سُبْحَانَ اللّهُ
Semoga mas,rombongan,bserta donatur d berkati ALLAH swt. آمِيّنْ... آمِيّنْ.... آمِيّنْ.. يَ رَ بَّلْ عَلَمِيّنْ....

arhsa mengatakan...

Subhanalloh.
Sebagai orang yang besar di asrama, saya merasakan apa yang mereka rasakan. Semoga Allah memberi mereka kekuatan dan membalas para donatur yang telah menginfakkan sebagain rizki yang mereka miliki. amin.

arif nur rokhman mengatakan...

Otomatis meneteskan air mata. Smoga para donatur dan Mas Saptuari diberi kesehatan untuk terus mengerjakan amalan mulia ini.

dinna rizky mengatakan...

Allah maha adil...
Iseng aja cari lowongan kerja nemu blog mas saptu...bnr2 bikin nangis mas...semoga mas dan donatur lain selalu diberi kesehatan & rezeki amin...

@mydiinaw

Putri mengatakan...

Putri Herlina sungguh mengharukan :'(
ini ada videonya:

http://youtu.be/7cCJGXr6XeY

udik yuliantoro mengatakan...

luar biasa, apa yang kamu lakukan patut dicontoh mas.

udik yuliantoro mengatakan...

luar biasa, apa yang kamu lakukan patut dicontoh mas.

udik yuliantoro mengatakan...

luar biasa, apa yang kamu lakukan patut dicontoh mas.

Anonim mengatakan...

Allah bener2 maha sutradara

Canti caca mengatakan...

Subhanallah... Terharu sekali smg Allah membalas kebaikan mereka dengan surga yang dijanjikanNYA,, bercucuran air mataku melihat bayi2 mungil yang tak berdosa ini.

Natasia Maiza mengatakan...

aku gagal berkata-kata... merinding aku membacanya mas....

mas... ijinkan aku mengambil bagian kisah ini untuk referensi tulisan di blog ku....

makasih sebelumnya mas

dewi cubby mengatakan...

Subhanallah terharu bngt lht bocah yg telah d terlantarkan & buang oleh org tua ny,,,alloh huakbar,,,